UPT. Al-Islam & Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Pontianak

Studi Kemuhammadiyahan

Mata Kuliah     : AIK III ( Ke- Muhammadiyahan)
Bobot              : 1 SKS
Semester         : III
Fakultas          : Semua Jurusan

Deskripsi
Muhammadiyah adalah gerakan Islam, dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan tajdid yang bersumber dari AL Qur'an As Sunnah. Dalam gerakannya, Muhammadiyah mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Untuk maksud dan tujuan tersebut Muhammadiyah melaksanakan dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan tajdid melalui segenap usaha yang diwujudkandalam bentuk amal usaha, program dan kegiatan. Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang didirikan dan dikembangkan untuk mendukung tercapainya maksud dan tujuan Muhammadiyah.
Gerakan dakwah Muhammadiyah akan tetap eksis dan berkembang luas seiring dengan semakin banyak dan berkualitasnya anggota dan sekaligus kader-kader penerus perjuangan Muhammadiyah. Karena itu upaya untuk melahirkan, memperbanyak dan meningkatkan kualitas kader-kader Muhammadiyah merupakan suatu keharusan bagi Muhammadiyah. Dan salah satu usaha yang sangat efektif untuk itu adalah amal  usahadalam bidang pendidikan, tak terkecuali pendidikan tinggi. Untuk itu, upaya maksimal untuk melahirkan kader-kader Muhammadiyah melalui proses pendidikan di lembaga pendidikan Muhammadiyah termasuk juga Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus diupayakan melalui berbagai usaha terutama melalui pendidikan dan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).
Materi kuliah AL Islam dan Kemuhammadiyahan III ini didesain untuk mengenalkan kepada mahasiswa ihwal gerakan Muhammadiyah dari berbagai sisinya. untuk memberi gambaran tentang pentingnya gerakan ini materi diawali dari islaminisasi nusantara kemudian dirangkai dengan asal usul dan makna kehadiran Muhammadiyah, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah. adapun untuk memberi gamabaran tentang gerakan Muhammadiyah, disajikan materi-materi mulai dari Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid, sebagai gerakan keagamaan, gerakan pendidikan, gerakan social, gerakan politik, serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan menjadi perhatian Muhammadiyah.
Sebagai upaya untuk menumbuhkan minat mahasiswa untuk mengenal Muhammadiyah secara mendalam dan menghayati nilai-nilai yang menjadi perhatian Muhammadiyah, perkuliahan diselenggrakan dalam suasana dialogis dan terbuka.

Standar Kompetisi
Memahami Muhammadiyah secara utuh mulai dari asal usul, ideologi, paham keagamaan, strategi gerakan, makna kehadiran, hingga nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan menjadi perhatian Muhammadiyah.


NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
ALOKASI WAKTU
REFERENSI
1
2
3
4
5
6
I
Memahami Islamisasi di nusantara
1.      Dapat menjelaskan teori-teori islamisasi di nusantara
2.      Dapat menjelaskan  tahap-tahap perkembangan Islam di nusantara.Dapat menjelaskan corak Islam di nusantara.
1.      Teori-teori Islamisasi Nusantara
2.      Tahap-tahap Perkembangan Islam di nusantara
3.      Corak Islam di Nusantara
1 x 100 menit
Azra, 2002:15-50
Suryanegara,
1995 : 73
II
Memahami asal-usul gerakan Muhammadiyah
1.      Dapat menjelaskan faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya gerakan Muhammadiyah.
2.      Dapat menjelaskan sosok, keperibadian dan obsesi founding father Muhammadiyah.
1.      Latar Belakang    lahirnya gerakan Muhammadiyah
2.      Profil Pendiri Muhammadiyah
1 x 100 menit
Khozin dan Syaukani, 2000: 173-220 Khozin, 2005:1-29
III
Memahami Mukadimah, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah
1.Dapat menjelaskan Mukadimah, Anggaran Dasar Muhammadiyah.
2.Dapat menjelaskan identitas dan asas Muhammadiyah
3.Dapat menjelaskan keanggotaan Muhammadiyah
4.Dapat menjelaskan keorganisasian Muhammadiyah
1.      Mukadimah  Anggaran Dasar Muhammadiyah
2.      Identitas dan asas Muhammadiyah
3.      Keanngotaan Muhammadiyah
4.      Keorganisasian Muhammadiyah




1 x 100 menit
PPM. 2005: 1-67
PPM. 2010
IV
Memahami Kepribadian Muhammadiyah
1.Dapat menjelaskan hakekat Muhammadiyah
2.Dapat menjelaskan dasar amal usaha Muhammadiyah
3.Dapat  menjelaskan pedoman amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah
4.Dapat menjelaskan sifat Muhammadiyah
1.      Hakekat Muhammadiyah
2.      Dasar amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah
3.      Sifat Muhammadiyah
1x 100 menit
Nashir. 2006: 101-109
Khozin dan Syaukani, 2000: 155-156
V
Memahami matan keyakinan dan
cita-cita Muhammadiyah
1.     Memahami keyakinan Muhammadiyah
2.     Memahami cita-cita hidup Muhammadiyah
3.     Dapat mendeskripsikan arah usaha Muhammadiyah dalam bidang aqidah, ibadah, dan mu’amalah dunyawiyah
1.     Cita-cita Muhammadiyah
2.     Islam dan keyakinan Muhammadiyah
3.     Arah usaha Muhammadiyah dalam bidang aqidah, ibadah, akhlak, dan mu’amalah dunyawiyah
1 x 100 Menit







Nashir, 2006: 110-113
Khozin dan Syaukani, 2000:
223-294 Khozin, 2005
VI
Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang berwatak tajdidi
1.        Dapat menjelaskan konsep tajdid dalam Muhammadiyah
2.        Dapat mendeskripsikan model-model tajdid
1.    Pengertian Tajdid Dalam Muhammadiyah
2.     Model-model tajdid Muhammadiyah
1 x 100 menit



Khozin dan Syaukani, 2000: 3-21
Nashir, 2006; xxi-xxxix
VII



Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan keagamaaan
1.      Dapat mendekripsikan makna kehadiran Muhammadiyah sebagai gerakan keagamaan
2.      Dapat menjelaskan gerakan keagamaan Muhammadiyah
1.      Makna kehadiran Muhammadiyah sebagai gerakan keagamaan
2.      Model gerakan keagamaan Muhammadiyah
1 x 100 menit

Khozin dan Syaukani, 2000: 223-294
VIII
Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan sosial
1.      Dapat mendeskripsikan makna kehadiran Muhammadiyah sebagai gerakan sosial
2.      Dapat menjelaskan gerakan sosial Muhammadiyah
1.      Nilai-nilai Islam yang mendasari gerakan sosial Muhammadiyah
2.      Gerakan sosial dalam lintasan sejarah
1 x 100 menit
Khozin dan Syaukani, 2000: 223-294

IX
Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan pendidikan
1.      Dapat mendeskripsikan makna kehadiran Muhammadiyah sebagai gerakan pendidikan
2.      Dapat mendeskripsikan gerakan pendidikan Muhammadiyah
1.      Faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnya pendidikan Muhammadiyah
2.      Cita-cita pendidikan Muhammadiyah
3.      Pemikiran dan praktis Muhammadiyah
1 x 100 menit
Hamzah, Khozin dan Syaukani: 2000; 233-294
X
Memahami peran politik Muhammadiyah dalam kancah perpolitikan Indonesia
1.      Dapat mendeskripsikan  Khittah Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.      Dapat mendeskripsikan  Sikap politik Muhammadiyah dalam sejarah perpolitikan Indonesia
3.      Dapat mendeskripsikan Model/bentuk peran politik Muhammadiyah 
1.      Khittah Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.      Sikap politik Muhammadiyah dalam sejarah perpolitikan Indonesia
3.      Model/bentuk peran politik Muhammadiyah
1 x 100 menit
Thohari, 2005; 119-157
XI
Memahami dan menghayati spiritualitas Islam dalam pandangan Muhammadiyah
1.      Dapat mendeskripsikan makna kehidupan spiritual
2.      Dapat mendeskripsikan paham Muhammadiyah dalam kehidupan spritual
1.      Kehidupan spritual dalam Islam
2.      Faham Muhammadiyah tentang kehidupan spritual
2 x 100 menit
Askuri,bambang, Haedar Nashir, dkk.2006;1-20
XII
Memahami gerakan zakat, infaq, dan shodaqah dalam Muhammadiyah
1.      Dapat mendeskripsikan pengertian zakat, infaq dan shodaqoh
2.      Dapat mendeskripsikan nila-nilai ajaran Islam tentang zakat, infaq, dan shodaqoh
3.      Hikmah zakat, infaq, dan shodaqoh
1.      Pengertian zakat, infaq dan shodaqoh
2.      Nilai-nilai ajaran Islam tentang pengertian zakat, infaq dan shodaqoh
3.      Hikmah pengertian zakat, infaq dan shodaqoh
1 x 100 menit
Safi’I, Nashir, Muhajir dkk., 2010; 53-127
XIII
Memahami gerakan peduli kepada fakir miskin dan anak yatim dalam Muhammadiyah
1.      Dapat mesdeskripsikan konsep fakir miskin dan anak yatim dalam al Qur’an dan As Sunnah
2.      Dapat mesdeskripsikan keberpihakan Muhammadiyah terhadap kaum dhuafa (fakir, miskin, dan yatim)
1.      Fakir miskin dan anak yatim dalam al Qur’an dan As Sunnah
2.      Keberpihakan Muhammadiyah terhadap kaum dhuafa (fakir, miskin, dan yatim)
2 x 100 menit
Safi’I, Nashir, Muhajir dkk., 2010; 53-127



METODE PEMBELAJARAN :

1.  Kuliah tata muka                                          5. Studi kasus
2.  Ceramah                                                       6. Pemutaran film
3.  Diskusi interaktif                                         7. Game
4.  Tugas mandiri/kelompok                              8. Seminar, dll


ASPEK YANG DINILAI DAN BOBOT PERSENTASENYA :

        1.      Kehadiran                         20 %                4. UTS                    20 %
        2.      Keaktifan di kelas             15 %                5. UAS                   30 %
        3.      Sikap                                 15 %               

REFERENSI :

BUKU WAJIB :



Askuri, Bambang, Haedar Nashir,dkk. Pendidikan Kewarganegaraan, Menuju kehidupan  yang demokrasi dan berkeadaban. Diktilitbang-LP3. Yogyakarta. Hal 1-21
Azra, Azyumardi, 2002, Islam Nusantara, Jaringan Global dan Lokal, Bandung: Mizan
Khozin dan Imam Syaukani (ed). 2000, Pembaharuan Islam , konsep, pemikiran dan gerakan.UMM-Press
Mulkhan, AM., 2005. Kisah dan Pesan Kiai Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Pustaka SP
Nashir, Haedar, 2006. Meneguhkan Ideologi Gerakan Muhammadiyah Malang,UMM  Press
PP Muhammadiyah cet ke 3 2007. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah. Yogyakarta. Suara Muhammadiyah
Suwito dan Fauzan (ed),2003. Sejarah para tokoh pendidikan, Angkasa
Syafi’I Ma’arif, Haedar Nashir, Muhajir Effendy, dll.2010. Mengungat Modernitas Muhammadiyah; Refleksi satu abad perjalanan Muhammadiyah. Best media dan PSIF. Jakarta
Thohari, Hajriyanto Y, 2005. Muhammadiyah dan pergulatan Politik Islam Modernis. PSAP. Jakarta
 
Buku Penunjang

Benda, Harry J. 1985. Bulan Sabit Dan Matahari Terbit: Islam Indonesia pada Pendudukan Jepang, Jakarta: Pustaka Jaya.
Humam S, Ibnu. 1990. Politik Pendidikan Kolonial dan Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pustaka Muhammadiyah Yogyakarta.
Jainuri, A. 1981. Muhammadiyah Gerakan Reformasi Islam di Jawa pada abad ke 20 an. Surabaya: Ibnu Sina
Noer, Deliar. 1990. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1990-1942. Jakarta;LP3ES
Sujarwanto, dkk. 1990. Muhammadiyah dan Tantangan Masa Depan, Sebuah Dialog Intelektual. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suryanegara. Ahmad Mansur. 1995. Menemukan Sejarah Wacana Pergerakan Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sukkron