UPT. Al-Islam & Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Pontianak

Silabus Pendidikan Al-Qur’an


Nama Mata Kuliah             : Pendidikan Al-Qur’an
SKS/ Semester                    : 0/2
Mata Kuliah Pra Syarat       : Ulumul Qur’an

Deskripsi Mata Kuliah       :
Mata Kuliah ini berorientasi pada pemberian bekal sekaligus penguatan bagi mahasiswa sebagai calon guru Pendidikan Agama Islam maupun Keislaman, yang dituntut untuk menguasai materi pembelajaran dan cara mengajarkannya. Oleh karena itu, melalui Mata Kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari salah satu sub materi Pendidikan Agama Islam maupun Keislaman, yaitu tentang  Al-Qur’an, dimulai dari mempelajari cara membacanya secara benar, mengenal Al-Qur’an sebagai Kitab yang mengandung pokok-pokok ajaran Islam, serta mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an dengan tema-tema tertentu.



Standar Kompetensi             :
  1. Memahami hukum-hukum bacaan dan mampu menerapkannya secara benar dalam membaca Al-Qur’an serta trampil mengajarkannya di kelas.
  2. Mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan dengannya, serta trampil mengajarkannya di kelas.
  3. Mendeskripsikan ayat-ayat Al-Qur’an dan mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari serta trampil mengajarkannya di kelas.

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Ajar
Wkt
Alat/Bahan/
Sumber Belajar
Penilaian
1.1.Memahami makharijul huruf, perbedaan hukum bacaan ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah, serta cara pembelajarannya
a. Mempraktekkan makharijul huruf

b. Menjelaskan perbedaan pengertian hukum bacaan antara ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah

c. Menyebutkan contoh-contoh bacaan “al” syamsiyah
d. Menyebutkan contoh-contoh bacaan “al” qamariyah
e. Menunjukkan bacaan “al” syamsiyah dan ‘al” qamariyah dalam QS. Adl-Dluha dan Al-‘Adiyat
1)  Latihan menyebut huruf-huruf hijaiyah
2) Mengkaji perbedaan hukum bacaan hukum bacaan ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah
3) Menirukan contoh-contoh bacaan “al” syamsiyah

4) Menirukan contoh-contoh bacaan “al” qamariyah

5) Mengklasifikasi dan melafalkan bacaan “al” syamsiyah dan ‘al” qamariyah dalam QS. Adl-Dluha dan Al-‘Adiyat
a)      Makharijul huruf


b)      Perbedaan hukum bacaan ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah


c)          Contoh-contoh bacaan “al” syamsiyah

d)         Contoh-contoh bacaan “al” qamariyah

e)          Bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah pada QS. Adl-Dluha dan Al-‘Adiyat
100’
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
Portofolio, kinerja dan tes lisan
a.   Membuat perencanaan pembelajaran tentang perbedaan hukum bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah
b.   Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang perbedaan hukum bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah

2)  Melaksanakan pembelajaran di depan kelas
Pembelajaran hukum bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan proses
1.2.  Memahami  hukum bacaan nun sukun/tanwin serta cara pembelajarannya
a.    Menjelaskan macam-macam hukum bacaan nun sukun/tanwin
b. Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan nun sukun/tanwin
 c. Menunjukkan bacaan nun sukun/tanwin pada QS. Al-Qadr
1) Mengkaji macam-macam hukum bacaan nun sukun/ tanwin
2) Menirukan contoh masing-masing hukum bacaan nun sukun/tanwin
3) Menentukan dan melafalkan bacaan nun sukun/tanwin pada QS. Al-Qadr
a)         Macam-macam hukum bacaan nun sukun/ tanwin
b)        Contoh masing-masing hukum bacaan nun sukun/tanwin
c)         Bacaan nun sukun/tanwin pada QS. Al-Qadr
100’
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an, kertas plano, spidol, lakban
Portofolio, kinerja, dan tes
a.   Membuat perencanaan pembelajaran tentang hukum bacaan nun sukun/ tanwin
b. Mempraktekkan pembelajaran di  kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan nun sukun/ tanwin

2) Melaksanakan pembelajaran di depan kelas
Pembelajaran hukum bacaan nun sukun/tanwin
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan proses
1.3. Memahami hukum bacaan mim sukun serta cara pembelajarannya
a.   Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim sukun
b. Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan mim sukun
 c. Menunjukkan bacaan mim sukun pada QS. Al-Fil
1) Mengkaji macam-macam hukum bacaan mim sukun

2) Menirukan contoh masing-masing hukum bacaan mim sukun
3) Menentukan dan melafalkan bacaan mim sukun pada QS. Al-Fil
a)      Macam-macam hukum bacaan mim sukun

b)      Contoh masing-masing hukum bacaan mim sukun

c) Bacaan mim sukun pada QS. Al-Fil
100’
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
Portofolio, kinerja, dan tes
a.   Membuat perencanaan pembelajaran tentang hukum bacaan mim sukun
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan mim sukun

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran hukum bacaan mim sukun
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan proses
1.4. Memahami hukum bacaan  qalqalah serta cara pembelajarannya
a.   Menjelaskan pengertian qalqalah
b.   Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah
c. Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan qalqalah
 d. Menunjukkan bacaan qalqalah pada QS. Al-Ikhlas dan Al-Lahab
1) Mengkaji pengertian qalqalah
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan qalqalah

3) Menirukan contoh masing-masing hukum bacaan qalqalah
4) Menentukan dan melafalkan bacaan qalqalah pada QS. Al-Ikhlas dan Al-Lahab
a)      Pengertian qalqalah

b)      Macam-macam hukum bacaan qalqalah

c)   Contoh masing-masing hukum bacaan qalqalah

d) Bacaan qalqalah pada QS. Al-Ikhlas, dan  Al-Lahab
100’
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
Portofolio, kinerja, dan tes
a.   Membuat perencanaan pembelajaran tentang hukum bacaan qalqalah
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan qalqalah

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran hukum bacaan qalqalah
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan proses
1.5. Memahami hukum bacaan  “ra’” serta cara pembelajarannya
a.   Menjelaskan pengertian hukum bacaan ”ra’”
b.   Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ”ra’”
c. Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan ”ra’”
 d. Menunjukkan bacaan “ra’” pada QS. At-Takatsur
1) Mengkaji pengertian hukum bacaan ”ra’”
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan ”ra’”

3) Menirukan contoh masing-masing hukum bacaan ”ra’”
4) Menentukan dan melafalkan bacaan ”ra’” pada QS. At-Takatsur
a)      Pengertian hukum bacaan “ra’”
b)      Macam-macam hukum bacaan “ra’”

c)   Contoh masing-masing hukum bacaan ”ra’”

d) Bacaan ”ra’” pada QS. At-Takatsur
100’
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
Portofolio, kinerja, dan tes
a.   Membuat perencanaan pembelajaran tentang hukum bacaan “ra’”
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan “ra’”

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran hukum bacaan ”ra’”
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan proses
1.6. Memahami hukum bacaan mad  serta cara pembelajarannya
a.   Menjelaskan pengertian hukum bacaan mad
c.   Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad
c. Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan mad
 d. Menunjukkan bacaan mad pada QS. Al-Fatihah dan Al-Kafirun
1) Mengkaji pengertian hukum bacaan mad
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan mad
 3) Menirukan contoh masing-masing hukum bacaan mad
4) Menentukan dan melafalkan bacaan mad pada QS. Al-Fatihah dan Al-Kafirun
a)      Pengertian hukum bacaan mad
b)      Macam-macam hukum bacaan mad
c)   Contoh masing-masing hukum bacaan mad
d) Bacaan mad pada QS. Al-Fatihah dan Al-Kafirun
100’
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
Portofolio, kinerja, dan tes
a.   Membuat perencanaan pembelajaran tentang hukum bacaan mad
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan mad

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran hukum bacaan mad
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan proses
1.7. Memahami hukum bacaan waqaf dan washal  serta cara pembelajarannya
a.   Menjelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal
b.   Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan washal
c. Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan waqaf dan washal
 d. Menunjukkan bacaan waqaf dan washal pada QS. Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan beberapa ayat dalam QS. Al-Baqarah
1) Mengkaji pengertian hukum bacaan waqaf dan washal
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan waqaf dan washal
 3) Menirukan contoh masing-masing hukum bacaan waqaf dan washal
4) Menentukan dan melafalkan bacaan waqaf dan washal pada QS. Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan beberapa QS. Al-Baqarah
a)      Pengertian hukum bacaan waqaf dan washal
b)      Macam-macam hukum bacaan waqaf
c)   Contoh masing-masing hukum bacaan waqaf dan washal

d) Bacaan waqaf dan washal pada QS. Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan beberapa ayat dalam QS. Al-Baqarah
100’
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
Portofolio, kinerja, dan tes
a. Membuat perencanaan pembelajaran tentang hukum bacaan waqaf dan washal
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)      Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan waqaf dan washal

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran hukum bacaan waqaf dan washal
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan proses
2.1. Memahami  Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan dengannya serta trampil mengajarkan di kelas
a. Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
b. Mengungkapkan bukti-bukti keontentikan Al-Qur’an
c. Menguraikan isi pokok ajaran Al-Qur’an

d. Menyebutkan ayat yang mendukung tentang isi pokok ajaran Al-Qur’an
e. Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
f. Mengidentifikasi perilaku orang yang meyakini kebenaran Al-Qur’an








g. Mencari ayat-ayat atau surat tertentu melalui kitab-kitab atau program SD The Holi Qur’an



h. Membedakan macam-macam lagu qira’ah mujawwadah
1) Mengkaji pengertian Al-Qur’an
2) Mendiskusikan bukti-bukti keotentikan Al-Qur’an
3) Mendiskusikan isi pokok ajaran Al-Qur’an

4) Mengkaji ayat yang mendukung tentang isi pokok ajaran Al-Qur’an
5) Mendiskusikan fungsi Al-Qur’an
6) Mendiskusikan perilaku orang yang meyakini kebenaran Al-Qur’an
7) Mengevaluasi diri perilaku mana yang sudah dilakukan sebagai langkah awal untuk menyempurnakan diri
8) Membuka kitab-kitab dan program CD The Holi Qur’an untuk mencari surat atau ayat-ayat tertentu


9) Mendengarkan macam-macam lagu qira’ah mujawwadah
a)   Pengertian Al-Qur’an

b)  Keotentikan Al-Qur’an


c)   Isi pokok ajaran Al-Qur’an dan ayat yang mendukungnya




d)  Fungsi Al-Qur’an

e)   Perilaku orang yang meyakini kebenaran Al-Qur’an









f)   Kitab-kitab dan program CD The Holi Qur’an yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
g)  Macam-macam lagu qira’ah mujawwadah
200’
Muqaddimah Al-Qur’an dan Terjemahnya
VCD The Holi Qur’an
CD Qira’ah Mujawwadah
Fathurrahman li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
Portofolio, kinerja, dan tes
a. Membuat perencanaan pembelajaran tentang mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan dengannya
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1) Mendesain pembelajaran tentang mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan dengannya

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan dengannya
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan praktek
3.1.Mendeskripsi-kan ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia sebagai makhluk yang terbaik, kerja keras, berserah diri pada Allah,  mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di kelas.

a. Membaca QS. At-Tin dan Al-Insyirah secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
c. Mengartikan ayat dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah

d. Menguraikan makna setiap ayat dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
e. Menyimpulkan pesan-pesan pokok dari QS. At-Tin dan Al-Insyirah
1) Membaca QS. At-Tin dan Al-Insyirah secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
3) Menterjemahkan ayat dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
5) Mendiskusikan pesan-pesan pokok dalam At-Tin dan Al-Insyirah
a)   Bacaan QS. At-Tin dan Al-Insyirah secara tartil dan benar
b)  Arti masing-masing kata dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
c)   Arti masing-masing ayat dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
d)  Makna setiap ayat dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah

e)   Pesan-pesan pokok dari QS. At-Tin dan Al-Insyirah
100’
VCD The Holy Qur’an
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir Al-Maraghi

Portofolio, kinerja, dan tes
a. Membuat perencanaan pembelajaran QS. At-Tin  dan Al-Insyirah
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang QS. At-Tin dan Al-Insyirah

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran QS. At-Tin dan Al-Insyirah
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan praktek
3.2. Mendeskripsi-kan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku khalifah di muka bumi dan perilaku ikhlas beribadah, mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di kelas.

a. Membaca QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

c. Mengartikan ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
e. Menyimpulkan pesan-pesan tentang perilaku khalifah di muka bumi dan perilaku ikhlas beribadah dari QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
1) Membaca QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5  secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

3) Menterjemahkan ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

5) Mendiskusikan pesan-pesan tentang perilaku khalifah di muka bumi dan perilaku ikhlas beribadah dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
a)   Bacaan QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,  Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 secara tartil dan benar
b)  Arti masing-masing kata dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,  Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

c)   Arti masing-masing ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,  Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
d)  Makna setiap ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,  Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

e) Pesan-pesan pokok “perilaku khalifah di muka bumi dan perilaku ikhlas beribadah” dari QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,  Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
100’
VCD The Holy Qur’an
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir Al-Maraghi
Fathurrahman li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
Portofolio, kinerja, dan tes
a. Membuat perencanaan pembelajaran tentang QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1) Mendesain pembelajaran tentang QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,  Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,  Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan praktek
3.3. Mendeskripsi-kan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan, mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di kelas.

a. Membaca QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  
c. Mengartikan ayat dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  
e. Menyimpulkan pesan-pesan tentang perilaku demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan dari QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  
1) Membaca QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32   secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  
3) Menterjemahkan ayat dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  

5) Mendiskusikan pesan-pesan tentang perilaku demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan dari QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
a)   Bacaan QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  secara tartil dan benar
b)  Arti masing-masing kata dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32   
c)   Arti masing-masing ayat dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32   
d)  Makna setiap ayat dalam QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32   

e) Pesan-pesan pokok “perilaku demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan” dari QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32  
100’
VCD The Holy Qur’an
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir Al-Maraghi
Fathurrahman li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
Portofolio, kinerja, dan tes
a. Membuat perencanaan pembelajaran tentang QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1) Mendesain pembelajaran tentang QS. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan praktek
3.4. Mendeskripsi-kan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku menyantuni kaum  dlu’afa’ dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup,  mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di kelas.

a. Membaca QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27    secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   

c. Mengartikan ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27 

d. Menguraikan makna setiap ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   
e. Menyimpulkan pesan-pesan pokok tentang perilaku menyantuni dlu’afa’ dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup dari QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   
1) Membaca QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27    secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   
3) Menterjemahkan ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   

4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   
5) Mendiskusikan pesan-pesan pokok tentang perilaku menyantuni dlu’afa’ dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup dari QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27 
a)   Bacaan QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   secara tartil dan benar
b)  Arti masing-masing kata dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27      
c)   Arti masing-masing ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27      
d)  Makna setiap ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   
  
e) Pesan-pesan pokok tentang  “perilaku menyantuni kaum dlu’afa’ dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup” dari QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27   
100’
VCD The Holy Qur’an
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir Al-Maraghi
Fathurrahman li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
Portofolio, kinerja, dan tes
a. Membuat perencanaan pembelajaran tentang QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27 
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1) Mendesain pembelajaran tentang QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27 

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27 
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan praktek
3.5. Mendeskripsi-kan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku bertoleransi dan perilaku etos kerja, mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di kelas.

a. Membaca QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10   secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
c. Mengartikan ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
e. Menyimpulkan pesan-pesan pokok dari QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
1) Membaca QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10   secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
3) Menterjemahkan ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 

5) Mendiskusikan pesan-pesan pokok tentang perilaku bertoleransi dan perilaku etos kerja dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
a)   Bacaan QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10   secara tartil dan benar
b)  Arti masing-masing kata dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10        
c)   Arti masing-masing ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10        
d)  Makna setiap ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10       

e) Pesan-pesan pokok “perilaku bertoleransi dan perilaku etos kerja” dari QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10   
100’
VCD The Holy Qur’an
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir Al-Maraghi
Fathurrahman li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
Portofolio, kinerja, dan tes
a. Membuat perencanaan pembelajaran tentang QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
1)  Mendesain pembelajaran tentang QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 

2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
Pembelajaran QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 
100’
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
Tugas dan praktek



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sukkron