UPT. Al-Islam & Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Pontianak

Silabus Pendidikan Agama Islam


Mata Kuliah    : Pendidikan Agama Islam
Prodi               : Semua Jurusan
Kode/SKS      : I/2 SKS
Waktu             : 2 x 50 menit

KOMPETENSI :
1.    Mahasiswa dapat memahami agama Islam dalam berbagai perspektif  
2. Mahasiswa dapat memahami realitas keberagaman umat Islam dan memahami isu-isu kontemporer 
3.    Mahasiswa bersifat kritis, memiliki wawasan plural dan bersikap toleran terhadap perbedaan.


POKOK BAHASAN :
1.   Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
2.   Hakikat Manusia Menurut Islam
3.   Kebutuhan Manusia Terhadap Agama
4.   Sejarah Pencarian Manusia Terhadap Agama
5.   Allah, Wahyu, Alam dan Manusia
6.   Karakteristik Ajaran Islam (Tauhid Inti Ajaran Islam)
7.   Pandangan dan Pedoman Hidup Islami
8.   Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam Islam
9.   Kerukunan Antar Umat Beragama
10.    Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Umat

Metodologi Pembelajaran :
Perkuliahan di kelas akan diaplikasikan dengan metode Holistik, yaitu penggabungan antara kuliah dalam bentuk penjelasan dari dosen, diskusi egaliter antara dosen dan mahasiswa, dan mahasiswa-mahasiswa untuk menumbuhkan kermampuan berpikir ilmiah, kepercayaan diri serta berkomunikasi satu sama lain. Sementara di luar kelas, mahasiswa secara individu dituntut untuk membaca berbagai literature dan menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan.

Tugas-Tugas :
Untuk menunjang Proses pembelajaran holistic setiap mahasiswa diharuskan untuk mengerjakan tugas-tugas sebagai berikut :
1.      Tugas Membaca (Reading Assignment)
Setiap mahasiswa diharuskan terlebih dahulu membaca materi yang akan diberikan dengan merujuk ke buku pegangan yang digunakan sebelum masuk kelas. Diharapkan mahasiswa dapat mengingat makna terhadap literature yang dibacanya, dengan cara menuliskan point-point penting dan menyiapkan beberapa pertanyaan.
2.      Tugas Menulis (Writing Assignment)
Setiap mahasiswa diharuskan menulis tiga tulisan; yang pertama tulisan reflektif (tulisan yang mengapresiasi topic tertentu, berdasarkan opini penulis dan pengalaman pribadi) ;  kedua adalah tulisan ilmiah/makalah tentang topic yang telah disediakan di atas ;  dan ketiga, resensi buku (book review) yaitu tulisan dengan tujuan untuk mengulas dan menilai satu judul buku.
3.      Tugas Presentasi Kelompok (Group Presentation Assignment)
Secara berkelompok, mahasiswa akan ditugaskan mendiskusikan suatu topic dan mempresentasikannya di hadapan kelompok yang lain. Semua mahasiswa mesti berpartisipasi aktif dalam bertanya atau merespon berbagai pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa yang lain.

Penilaian :
Komponen yang akan dinilai dalam perkuliahan adalah sebagai berikut :
a.       Aktivitas di Kelas dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar  10%
b.      Karya Tulis dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar  20%
c.       Ujian Tengah Semester dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar  30%
d.      Ujian Akhir Semester dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar  40%
 Kehadiran mahasiswa minimal 75% dari seluruh pertemuan, apabila kurang dari 75% mahasiswa yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

    DAFTAR PUSTAKA :
1.   Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah 
2.   PP. Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami, Suara Muhammadiyah 2010 
3. Majelis Tarjih Muhammadiyah, Tafsir Tematis Al-Qur’an. Yogyakarta. Suara Muhammadiyah 2000 
4.   M. Amien Rais, Tauhid Sosial, Mizan. 1998 
5.   Karen Amstrong, Sejarah Tuhan. Mizan 1998 
6  Yusron Razak, dkk., Pendidikan Agama, Uhamka Press, Jakarta 2001 
7.   Ali Syariati, Tugas Cendikiawan Muslim, Rajawali. Jakarta. 1986 
8.   Elizabeth K. Notingham, Agama dan Masyarakat, Jakarta, CV. Rajawali 1985 
9.   Endang Syaifuddin Anshari, Ilmu, Filsafat dan Agama, Surabaya, Bina Ilmu 1991 
10.  Endang Syaifuddin Anshari, Wawasan Islam, Bandung, Pustaka. 1983 
11. Harun Nasution, Islam ditinjau dari Berbagai Aspeknya, jilid I-II. Jakarta. UI Press 1979
12.  Quraisy Syihab, Membumikan Al-Qur’an, Bandung. Mizan. 1992
13.  Nurcholis Madjid, Islam, Doktrin dan Peradaban, Jakarta. Paramadina. 1990
14.  Alwi Shihab, Membendung Arus, Respon Gerakan Muhammadiyah Terhadap Penetrasi Misi Kristen di Indonesia, Bandung, Mizan. 1992
15. Pabali Musa, dkk., Buku Ajar Pendidikan Agama Islam. Sesuai Kurikulum Terbaru DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS, Pontianak. 2007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sukkron